728x90 AdSpace

  • Latest News

    Wednesday, 20 September 2017

    ORIENTASI DAN SASARAN PEMBINAAN

    Dinamika perkembangan gerakan IMM dalam mencapai tujuannya ternyata mengalami berbagai kendala yang berimbas kepada lambannya gerakan serta tidak efektifnya beberapa program kerja yang dilaksanakan. Lembaga yang belum berfungsi dengan baik, bidang yang terjebak kedalam rutinitas organisasi, SDM yang belum mampu mengelola kegiatan secara strategis, ketidakmampuan untuk membangun jaringan yang lebih luas, sampai pada kondisi realitas mahasiswa dengan fragmentasi politik dan sosial masyarakat ternyata masih terus menjadi penghambat laju progresivitas gerakan IMM.
    Kalau IMM masih terus berkutat dalam persoalan yang sama dan statis dalam menyikapi kondisi ini tentunya akan membawa IMM kehilangan fungsinya sebagai wadah pencerahan dan social movement yang bisa memberikan solusi yang tepat terhadap tantangan perubahan zaman.
                Karenanya kedepan IMM perlu melakukan rekonstruksi gerakan yang mampu membawa IMM kepada pemilihan model gerakan yang tepat dan mampu mengatasi kendala-kendala yang telah dan akan terjadi. Hal ini kemudian perlu diejawantahkan dalam orientasi dan sasaran pembinaan baik jangka panjang maupun jangka pendek sehingga bisa menjadi indikator keberhasilan gerakan akan datang.

    A.  Orientasi Jangka Panjang

    Gerakan IMM senantiasa mengacu kepada pencapaian tujuan yakni terbentuknya akademisi Islam yang berakhlak mulia dalam rangka mencapai tujuan muhammadiyah . Dalam perspektif lokal DPD, IMM diharapkan mampu tampil sebagai kekuatan yang strategis dalam memainkan perannya sebagai kekuatan kaum muda mahasiswa yang kritis, inovatif, produktif dan tampil progresif sehingga tetap menjadi referensi dalam konstruk peradaban.
    1.    Orientasi jangka Pendek
    Program kerja Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah didasarkan pada upaya penguatan nilai-nilai keislaman dan wawasan keilmuan yang integral yang diharapkan mampu memberikan penguatan peran institusi organisasi baik internal maupun eksternal, yang terjabarkan ke dalam bidang masing-masing.
    1.    Bidang Organisasi.
    Diarahkan pada tercapainya struktur dan fungsi organisasi serta mekanisme kepemimpinan yang mantap dan mendukung gerakan Ikatan dalam mencapai tujuannya. Program konsolidasi gerakan IMM juga diarahkan pada terciptanya kekuatan gerak IMM baik kedalam maupun keluar sebagai modal penggerak bagi pengembangan gerakan IMM.
    2.    Bidang Kader.
    Diarahkan pada penguatan tri kompetensi dasar aqidah, intelektual dan humanitas yang secara dinamis mampu memposisikan diri sebagai pelaku perubahan sosial masyarakat.
    3.    Bidang Keilmuan
    Diarahkan pada penguatan basis metodologi kader dan kultur keilmuan di semua lini.
    4.    Bidang Media dan Pengembangan Teknologi
    Diarahkan pada terciptanya media komunitas yang mumpuni, meningkatnya bargaining position dengan media dan menjadikan teknologi sebagai bagian integral dari pengembangan IMM.
    5.    Bidang Hikmah
    Bidang Hikmah diarahkan pada penguatan peran sosial-politik IMM di tengah kehidupan berbangsa dan bernegara, khususnya dalam peran serta sosial politik generasi muda. Pemetaan basis data sosial politik dan budaya, penguatan peran intelektual kader, laboratorium politik dengan pengayaan khazanah sosial politik dan budaya.
    6.    Bidang Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat
    Diarahkan untuk menjadikan institusi IMM mampu melakukan penguatan-penguatan di masyarakat untuk terciptanya kemandirian.
    7.    Bidang Ekonomi dan Kewirausahaan
    Diarahkan pada pengembangan kapasitas kewirausahaan kader dan kemandiran organisasi secara ekonomi.
    8.    Bidang Immawati
    Diarahkan pada upaya penguatan penguatan jati diri dan peran aktif potensi sumber daya putri dalam transformasi sosial menuju masyarakat utama. Peran-peran ini berbasis pada paradigma adil gender.
    9.    Bidang Dakwah
    Bidang Dakwah diarahkan pada gerakan dakwah Islam bernuansa pencerahan dan menggembirakan masjid kampus sebagai basis gerakan dakwah IMM.
    10.    Bidang Seni, Budaya dan Olahraga
    Diarahkan pada upaya penggalian dan memasyarakatkan kreatifitas seni, budaya dan olahraga sebagai bagian gerakan dakwah Islam dan masyarakat Islam.
    2.    Sasaran pembinaan
    a.    Sasaran Personal
              Yaitu sasaran yang menyangkut pembinaan dan pengembangan kepribadian serta sumber daya kader IMM secara luas. Pembinaan dan pengembangan diarahkan pada terbinanya kualitas kader yang mampu melakukan kristalisasi dan nilai-nilai yang integral baik dalam menjalankan amanah organisasi maupun ditengah-tengah masyarakat.
    b.   Sasaran Institusional
                Yaitu sasaran yang diarahkan pada  terwujudnya organisasi yang sehat, dinamis dan mampu merespon serta melakukan proses adaptasi terhadap dinamika kemajuan zaman yang dittikberatkan pada aspek:
    a.    Ekstern.
    Diarahkan pada terwujudnya eksistensi IMM yang iklusif menegaskan jati dirnya sebagai kekuatan strategis dalam dinamika gerakan kaum muda dan mahasiswa.
    b.   Intern

    Diarahkan pada upaya pengembangan dan mensinergikan segala potensi oraganisasi yang ditopang oleh manajemen kepemimpinan yang modern, program kerja yang visioner dengan mekanisme kerja yang sehat. 
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a comment

    Item Reviewed: ORIENTASI DAN SASARAN PEMBINAAN Rating: 5 Reviewed By: Dpdimmsulsel
    Scroll to Top