728x90 AdSpace

  • Latest News

    Wednesday, 20 September 2017

    POLA UMUM KEBIJAKAN

    Berdasarkan pada pola Dasar Kebijakan, maka disusun pola umum kebijakan sebagai upaya pengarahan dalam melaksanakan pembinaan mahasiswa dalam menuju tercapainya tujuan IMM.
    A.    Latar Belakang
                Perkembangan jaman yang semakin mengarah kepada terbentuknya budaya global dalam berbagai sektor telah menarik sedemikian rupa seluruh komponen masyarakat terlibat didalamnya. Kecenderungan globalisasi dalam berbagai aspek kehidupan membawa dampak negatif dan positif dalam setiap muatan yang ditawarkannya.
                Dalam keadaan demikian seluruh komponen masyarakat dan bangsa yang memiliki kapabilitas tinggi akan mampu menjadi subyek penentu yang menenangkan seluruh penawaran alternatif pemenuhan kebutuhan manusia dan orientasi hidupnya. Sebaliknya institusi dan komponen masyarakat dan bangsa yang tidak memiliki kapabilitas tinggi akan menjadi obyek sasaran pasar dunia dengan segala konsekuensinya.
    Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) sebagai institusi sosial intelektual memiliki tingkat kemungkinan yang sangat besar untuk terlibat dalam kancah globalisasi yang terjadi. Sejauh mana IMM sebagai Social Movement berperan memainkan dalam arena kehidupan globalisasi. Diharapkan tingkat kemampuan IMM memberikan penawaran serta tanggapan terhadap setiap tantangan yang dihadapi.
                Secara umum IMM akan semakin berperan bila ditopang oleh dua sisi kekuatan yang berjalan secara simultan dalan grakannya. Kekuatan pertama merupakan daya tahan institusional yang dibangun secara sistematik dalam keseluruhan perangkat internalnya. Kekuatan kedua merupakan kemampuan Ikatan dalam membangun citra diri memainkan peranan di tengah-tengah persaingan yang tengah dan sedang berlangsung.
                Hal ini harus dijawab dengan pemilihan aktivitas yang secara programatik dituangkan dalam kebijakan program kegiatannya. Program yang sistematik akan memberikan visi dan arah yang jelas terhadap perjalanan organisasi dalam setiap periode kepemimpinannya.
                Maka disusunlah pola umum kebijakan yang akan menjadi panduan kegiatan IMM yang diterjemahkan dalam pilihan (prioritas) program.
    B.     Arah Kebijakan
    Kebijakan IMM dilaksanakan dalam rangka terwujudnya cita-cita ideal ikatan untuk melahirkan akademisi Islam yang berakhlak mulia dalam rangka mencapai tujuan Muhammadiyah, yaitu menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat utama adil dan makmur yang diridhai Allah
    Yaitu sasaran yang diarahkan pada terwujudnya organisasi yang sehat, dinamis dan mampu merespon serta melakukan proses adaptasi terhadap dinamika kemajuan zaman yang dititik beratkan pada aspek:
    a.    Ekstern
    Diarahkan pada terwujudnya eksistensi IMM yang inklusif menegaskan jati dirinya sebagai kekuatan strategis dalam dinamika gerakan kaum muda dan mahasiswa
    b.    Intern
    Diarahkan pada upaya pengembangan dan mensinergikan segala potensi organisasi yang ditopang oleh manajemen kepemimpinan yang modern, program kerja yang visioner dengan mekanisme kerja yang sehat.
    C.  Arah Kebijakan

    Kebijakan IMM dilaksanakan dalam rangka terwujudnya cita-cita ideal ikatan untuk melahirkan akademisi Islam yang berakhlak mulia dalam rangka mencapai tujuan Muhammadiyah, yaitu menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat utama adil dan makmur yang diridhai Allah.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a comment

    Item Reviewed: POLA UMUM KEBIJAKAN Rating: 5 Reviewed By: Dpdimmsulsel
    Scroll to Top