728x90 AdSpace

  • Latest News

    Sunday, 12 November 2017

    Begini cara IMM merekrut kader baru.

    Begini cara IMM merekrut kader baru.
                    Bulukumba – Pengkaderan Darul Arqam Dasar (DAD) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kabupaten Bulukumba tepatnya di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Pimpinan Komisariat Pendidikan Biologi gelombang ke empat, angkatan ke 18 STKIP Muhammadiyah Bulukumba, kamis, 19 Oktober 2017.
                    Pada pengkaderan ini mengusung tema Transformasi Trilogi IMM untuk Melahirkan Regenerasi Loyalitas dan Profetik yang mulai berlangsung pada tanggal 15 sampai 20 Oktober 2017. Dan pada hari kamis, 19 Oktober 2017 sempat beberapa kader Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) kabupaten Bulukumba, memberikan tanggapan atau jawaban dari beberapa pertanyaan yang diajukan oleh salah seorang kader IMM, yang sempat mengikuti Pelatihan Jurnalistik di Kabupaten Maros oleh DPD IMM Sulawesi Selatan. Pada wawancara tersebut,  langsung diliput oleh sang Jurnalis sehingga kader langsung menjawab beberapa pertanyaan tersebut. Ada tiga pertanyaan yang diajukan oleh sang jurnalis, yakni:
    1.       apa itu IMM ?
    2.       mengapa harus masuk IMM ?
    3.       apa saja hal yang istimewa selama berada di IMM ?
    Ketiga pertanyaan tersebut dijawab oleh 5 narasumber kader IMM kabupaten Bulukumba.
    1.      Menurut IMMawan Amiruddin Ketua Cabang IMM Kabupaten Bulukumba periode 2016-2017 mengatakan bahwa “IMM adalah organisasi otonom Muhammadiyah yang bergerak dibidang kemahasiswaan dan merupakan organisasi intra kampus di Perguruan Tinggi Muhammadiyah, serta salah satu organisasi dakwah. Mengapa harus masuk IMM,? karena di IMM mengajarkan kita hal yang tidak dipelajari di kampus, contohnya Spiritual, Intelektual dan Humanitas. Ketika ketiga hal tersebut dilakukan di IMM makan akan membuat potensi kita sebagai mahasiswa lebih maju lagi.”
    Hal yang istimewa menurut IMMawan Amiruddin yang akrab disapa Kanda Amir ini mengatakan bahwa yang istimewa menurutnya selama di IMM ialah kebersamaan yang didalamnya terdapat hikmah, karena orang-orang yang masuk di IMM adalah orang-orang yang notabenenya adalah orang-orang yang tidak memiliki pemahaman agama, Dan IMM merupakan tempat untuk belajar agama.
    2.    Menurut IMMawati Evi Sulfiana Ketua Cabang IMM kabupaten Bulukumba periode 2017-2018 mengatakan bahwa “IMM adalah salah satu organisasi pergerakan islam yang ranah pergerakannya yaitu dikeagaamaan, kemahasiswaan, dan kemasyarakatan. Dari ketiga hal tersebut semuanya memiliki satu tujuan yakni tujuan Muhammadiyah.
    Mengapa kita harus masuk IMM,?
    Karena IMM akan membentuk tiga karakter.
    Hal yang istimewa di IMM  itu karena IMM akan mengantarkan kita menuju akademisi Islam sebagai tujuan IMM yakni “Mewujudkan Akademisi Islam yang Berakhlak Mulia”.”
    3.   Menurut IMMawan Surya Abdillah, ketua umum Pimpinan Komisariat Biologi, periode 2017-2018 mengatakan  bahwa “IMM yaitu organisasi dibidang kemahasiswaan. Secara pribadi IMM adalah rumah, keluarga dan segalanya bagi saya.
    Mengapa harus masuk IMM?
    Karena kita terlahir di lingkungan yang tidak kondusif secara keaagamaan dan di IMM kita dibentuk menjadi seorang aktivis-aktivis islami yang tidak luput dari Spiritual, intelektual, dan humanitas menjadi daya tarik untuk masuk IMM.
    Hal­-hal apasaja yang istimewa di IMM ?
    IMM bagi saya yang pertama adalah sebuah kebutuhan, karena diluar sana tidak ada yang mengajarkan dan membentuk karakter spiritual kita untuk keselamatan dunia dan akhirat, yang kedua dari tujuan IMM, dan yang ketiga adalah akhlak. Akhlak dari kader IMM lebih baik dare akhlak diluar sana”
    4.    Menurut narasumber yang ke empat yakni, IMMawati Intan Andriani, Sekertaris Bidang Immawati, “ IMM adalah sebuah wadah di Perguruan Muhammadiyah dan IMM adalah Organisasi Otonom (Ortom) yang ada di Muhammadiyah dan wajib ada di kampus Muhammadiyah.” IMMawati Intan merupakan salah seorang kader IMM kabupaten Bulukumba yang juga mengikuti pelatihan Jurnalistik dan menjadi peserta terbaik di Kabupaten Maros kemarin (13-15/10).
    5.    IMMawan Irul Fahrul, Ketua Panitia DAD gelombang ke empat, angkatan ke 18, Pimpinan Komisariat Biologi, STKIP Muhammadiyah Bulukumba, sempat mengatakan bahwa IMM adalah rumah bagi orang-orang yang ingin memperbaiki diri.
    Mengapa harus masuk IMM ?
    Mengapa saya masuk IMM, karena saya butuh IMM. IMM adalah sebuah kebutuhan bagi saya.
    Apa yang istimewa di IMM ?
    IMM adalah jalan dakwah terbaik untuk berhijrah atau berjihad kepada Allah Swt.”
                    Hasil wawancara diatas yang diliput langsung pada sore hari yakni, ba’dha Ashar, pada malam ramah tamah Darul Arqam Dasar (DAD) Pimpinan Komisariat Pendidikan Biologi (19/10), ditayangkan langsung di hadapan para Peserta Darul Arqam Dasar (DAD) yang berjumlah 38 orang, peserta calon IMMawan 7 orang dan peserta calon IMMawati 31 orang  Hal tersebut dilakukan untuk menarik minat peserta mengenai IMM, mengapa harus masuk IMM dan apasaja hal yang istimewa merurut para kader IMM selama kepemimpinannya atau bahkan proses yang dijalaninya selama berada di Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah. Para peserta, panitia, Instruktur yang bertugas dan tamu undangan memperhatikan tayangan tersebut.
                    Diakhir tanyanga sempat ditampilkan beberapa slideshow sebagai dokumentasi saat peliputan jawaban narasumber.
                    “Jangan mencari Tuhan karena anda membutuhkan jawaban. Carilah Tuhan karena anda tahu Dialah jawaban yang anda butuhkan”
    Jurnalis Kader dan penulis            : IMMawati Nilpasari
    Cameragirl                                    : IMMawati Nurfadilah Binti Yunsar
           PC IMM Kab Bulukumba

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a comment

    Item Reviewed: Begini cara IMM merekrut kader baru. Rating: 5 Reviewed By: Dpdimmsulsel
    Scroll to Top