728x90 AdSpace

  • Latest News

    Tuesday, 19 February 2019

    Ideologi Gerakan IMM


    DPDIMMSULSEL.OR.ID -- Dalam melakukan gerak IMM haruslah berpijak pada landasan ideologis yang jelas. Menjadi kesadaran kolektif kader, spirit perjuangan, dan cita-cita ideal yang diimpikan. Oleh karena itu IMM menegaskan diri sebagai :
      1. Gerakan Pemikiran :
      2. Gerakan Tajdid:
      3. Gerakan sosial –progressif
      4. Gerakan sosial praksis (Ekspansi Gerakan Kekampus)
      5. Gerakan Sosial Virtual
                IMM memandang bahwa Islam harus dipahami sebagai gerakan pencerahan melalui gerakan protes, kritik, gugatan dan interupsi, memiliki semangat revolusioner dengan mengharmoniskan secara dialektik nilai-nilai normatif transenden Islam dengan kondisi realitas sosial.
                IMM memandang bahwa Aqidah harus dipahami sebagai spirit yang dinamis menuju pada upaya perubahan. Doktrin Islam harus dipahami sebagai : gerakan studi-aksi. Gerakan dialogis dan Egalitarianisme, Gerakan anti ketidak adilan dan anti penindasan.
                IMM menempatkan  bahwa Islam sebagai basis nilai kepemimpinan dan kepeloporan (khalifah Fil Ardhi) IMM memandang bahwa dalam melakukan transformasi sosial maka, mengikhtiarkan dakwah dan jihad sebagai pola perubahan. Dakwah dalam artian menjelaskan teks-teks suci untuk dimplementasikan dalam alam realitas. Jihad dalam artian Menggubah realitas untuk selaras dan sejalan dengan teks.
                Dalam konteks gerakan IMM harus menciptakan gelombang yang mampu beresonasi, bukan riak-riak kecil. Sebagai gerakan religius, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) perlu mengambil peran lebih besar dalam gerakan kultural partisipatoris yang selalu terlibat dengan sangat intens dalam mengambil peran-peran sosial, baik di wilayah infranstruktur  maupun suprastruktur. Populasi kuantitatif ummat yang masih belum diimbangi dengan posisi kualitatif menjadi tanggungjawab IMM bersama generasi muda Islam lainnya untuk menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dan kompetitif. Karenanya dibutuhkan formulasi strategi dan taktik yang tepat untuk berhadapan dengan situasi umat kekinian dan masa depan.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a comment

    Item Reviewed: Ideologi Gerakan IMM Rating: 5 Reviewed By: Dpdimmsulsel
    Scroll to Top